Jokowi: Bangun Pelabuhan Patimban di Subang, Indonesia-Jepang Sepakat

Jokowi Bangun Pelabuhan Patimban di Subang, Indonesia dan Jepang Sepakat1 - majalahahok.comMajalah Seputaran Ahok – Di sela kegiatan G7 Summit di Ise-Shima, Perfektur Mie, Jepang, Presiden Joko Widodo meperbuat pertemuan bilateral dengan PM Jepang Shinzo Abe. Dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat untuk menjalin komitmen membangun Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Pertemuan Jokowi serta Abe berjalan di Shima Kanko Hotel the Classic, Ise-Shima, Perfektur Mie, Jepang, Jumat (27/5) siang. Dalam pertemuan itu PM Abe memberi tau langsung niat Jepang untuk bekerja sama dengan Indonesia membangun Pelabuhan Patimban.

“Berkaitan dengan pembangunan infrastruktur pelabuhan. Tadi siang kami juga berjumpa dengan PM Jepang Shinzo Abe yang dengan cara permulaan telah dengan kita, telah memberi tau kesepakatannya untuk bersama-sama bekerja sama dengan Indonesia membangun pelabuhan Patimban,” kata Jokowi terhadap wartawan di Bandara Internasional Chubu, Nagoya, Jepang, Jumat (27/5/2016) sore sebelum lepas landas menuju Jakarta.

Belum dijelaskan apakah pertemuan itu telah mengulas soal skema pembangunan pelabuhan itu. Tetapi yang penting, kata Jokowi, telah ada komitmen dari kedua belah pihak.

“Ya, paling tak ada kesepakatan dulu. Sehingga telah sepakat tentang Patimban,” katanya.

“Nanti didalami oleh kementerian terkait,” tambah Jokowi.

Pelabuhan Patimban adalah pelabuhan pengganti dari rencana proyek Pelabuhan Cilamaya di Karawang, Jawa Barat, yang telah dibatalkan. Pelabuhan Patimban ini sangat dekat dengan kawasan industri di wilayah Jabar yang menjadi basis produksi perusahaan-perusahaan asal Negeri Sakura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *