RT & RW suka palak warganya, Ahok Akui Dapat banyak Laporan dari Warga Sekitar

RT & RW suka palak warganya, Ahok Akui Dapat banyak Laporan dari Warga Sekitar - majalahahok.com

Majalah Seputaran Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama mengungkapkan tak sedikit RT dan RW di Jakarta yang menjelma menjadi tukang palak warganya. Bukan tanpa sebab, hal itu lantaran banyaknya laporan dari warga yang masuk menyebut mereka dimintai sejumlah uang untuk tiap ketentuan tertentu.

“Ini bukan omong kosong. Banyak laporan demi laporan yang mengatakan oknum RW itu berkuasa. Tapi disatu pihak dia menekankan kalau dia bukan dari pemerintah. Tapi kamu itu pemalak,” kata Basuki atau Ahok di Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (30/5).

Ahok menuturkan, seharusnya tujuan RT dan RW dibuat sebagai pihak yang memperhatikan masyarakat. “Justru tujuan RT RW Itu kan rukun tetangga rukun warga, kamu itu pemerhati,” tutur Ahok.

Ahok juga mengungkapkan, RT dan RW itu merupakan warisan penjajahan Jepang yang dimanfaatkan untuk mengontrol dan mengawasi penduduk yang datang dan pergi. Kemudian di masa orde baru dimanfaatkan oleh partai Golkar untuk mengontrol masyarakat.

“Siapa yang ciptakan RT RW itu? Jepang untuk mengawasi siapa saja yang keluar masuk, orde baru dimanfaatkan lagi untuk kepentingan Golkar dulu untuk bisa kontrol,”tutur Ahok.

Namun demikian, Ahok mengaku tugas dan fungsi RT dan RW saat ini sudah cukup bagus. Hanya saja dia menyayangkan jika masih peran RT dan RW tersebut malah disalahgunakan.

“Nah kalau sekarang itu bagus. Tapi bukan buat malakin orang, buat melayani, bukan buat berkuasa,”tandas Ahok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *