Komisi I DPR Pertanyakan Patroli Antar Negara

Komisi I DPR Pertanyakan Patroli Antar Negara - majalahahok.com

Majalah Seputar Ahok – Wakil ketua Komisi I DPR, Tubagus hasanudin mempertanyakan cara kerja lembaga negara yang terkait terjadinya penyanderaan WNI oleh kelompok bersenjata di perairan Filipina. Menurut beliau ada 3 hal yang harus dipertanyakan dari kejadian penyanderaan yang berulang ini.

1. Harus diingat bahwa Indonesia sebelumnya telah sangat toleran terhadap perampok, justru dimanfaatkan sebagai satu kelemahan untuk memeras. Disisi lain, Hasanuddin juga mempertayakan sejauh mana dilakukan pencegahan berikut melalui operasi patroli.

2. kemana semua itu Patroli antar Negara? kenapa selama ini kinerjanya tidak efektif dan juga pernah bentuk MOUitu seperti apa?

3. Mengapa para ABK tidak pernah berkoordinasi minta pengawalan dari pihak keamanan khususnya TNI AL misalnya? kenapa mesti terulang mulu.

Sebelumnya telah di ketahui, Menteri Luar Negeri Indonesia membenarkan telah terjadi penyanderaan kepada tujuh awak kapal asal Indonesia. Insiden ini terjadi di wilayah Sulu, perairan Filipina Selatan.

“Setelah melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak, kami mendapat konfirmasi mengenai ada penyanderaan anak buah kapal tugboat Charles 001 dan tongkang Robby 152,” Tutur Menteri Luar Negeri Indonesia Retno di Kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *