aturan verifikasi faktual, Ahok ditantang ajukan judicial review

aturan verifikasi faktual, Ahok ditantang ajukan judicial review - majalahahok.com

Majalah Seputaran Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengkritik aturan dalam UU Pilkada yang baru disahkan. Aturan mengenai keharusan verifikasi faktual bagi calon independen itu dianggap menyulitkan dirinya dalam kontestasi Pilkada DKI Jakarta.

Ketua DPP Partai Gerindra, Desmond J Mahesa berpendapat Ahok bukanlah orang yang omongannya patut didengar serta dijadikan panutan.

“Ahok ini ya bukan siapa-siapa, tidak butuh sehingga panutan, tidak usah didengerlah,” ujarnya di Rumit Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (9/6).

aturan verifikasi faktual, Ahok ditantang ajukan judicial review 1 - majalahahok.com

Menurut Desmond, apabila tidak setuju dengan UU Pilkada tersebut, sebaiknya Ahok men-judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK), bukan malah hanya sekadar melempar wacana.

“Ya telah, dirinya kan rutin bilang begitu, kalau tidak suka sama apa yang diperbuat, gugat saja, kalau gitu ya judicial review ya kan,” sebut dia.

“Ya dibalikin saja, kalau Ahok, jangan berdebatlah. (Jangan celoteh saja?) Kalau namanya Ahok ya wacana saja,” kata Desmond.

Dirinya juga menyebut Ahok adalah sosok yang diam apabila ada yang menguntungkan dirinya, tetapi mengkritik habis-habisan apabila ada yang dirasa memenyesalkan dirinya.

“Kalau Ahok sih tidak usah didenger, kalau dirinya untung udah, ya kan dirinya diam, kalau tidak untung dirinya teriak,” cetus Wakil Ketua Komisi III DPR itu.

Sebelumnya dikabarkan dalam Pasal 48 UU Pilkada mengatur jelas bahwa setiap kartu tanda penduduk (KTP) yang dikumpulkan harus diverifikasi lewat sensus kependudukan. Dengan cara rinci disebutkan petugas pemilu harus mentepatkan nomor induk kependudukan, nama, tipe kelamin, tempat serta tanggal lahir, serta alamat dengan mendasarkan pada E-KTP atau surat keterangan yang diterbitkan oleh dinas kependudukan serta catatan sipil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *