Bangun tanggul penahan air rob, Ahok tetap gusur Muara Baru

Bangun tanggul penahan air rob, Ahok tetap gusur Muara Baru - majalahahok.com

Majalah Seputaran Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama mengatakan terendarnya kawasan muara baru akibat di terjang air rob karena pembangunan tanggul di kurang lebih Pelabuhan Muara Baru belum terlaksana. Tertundanya pembangunan tanggul sebab tetap tak sedikit warga yang membangun hunian liar di atas laut kurang lebih pelabuhan.

Mereka membandingkan dengan kawasan sekitar waduk peluit. Ahok menyebut permukiman warga tahap depan Waduk Pluit leluasa dari banjir sebab pembangunan tanggul penahan air rob rampung diberakhirkan.

“Nah kenapa kini Waduk Pluit aman? Enggak masuk air laut ke dalam lagi? Sebab tanggul depannya telah berakhir. Tapi pelabuhan Muara Barunya belum,” kata Ahok di Balai kota Jakarta, Kamis (9/6).

Contoh lain, akibat pembangunan tanggul merupakan kawasan Pasar Ikan. Ahok mengklaim banjir rob tak separah tahun-tahun sebelumnya di kawasan itu sebab Jalan Muara Baru Raya telah ditinggikan.

“Lalu kenapa di pasar ikan masuk tetap ketolong? Sebab Muara Baru Raya udah kita tinggiin, tapi itu belum cukup. Kalau dirinya semakin masuk, dirinya muter masuk pasar Ikan,” klaim Ahok.

Sebelumnya, Ahok berbicara hunian warga di Kampung Baru, Kawasan Pelabuhan serta Pelelangan Ikan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, bakal digusur oleh Pemprov DKI. Penggusuran diperbuat untuk membikin tanggul menahan air laut.

“Ini kini mau bongkar Muara Angke, ini kan yang mau dibongkar, orang yang pada 2013 telah bisa duit (kerohiman) malah nambah bikin di laut,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *