Busana Rok Syariat Islam, Seorang Gadis Mualaf Di usir dari Sekolah

MajalahAhok.com¬†–¬†Seorang gadis Katolik bernama K De Sousa yang baru saja masuk Islam tahun lalu diusir oleh sekolahnya di Prancis lantaran memakai rok terlalu panjang. Kepala sekolah di Montereau Fault Yonne mengatakan rok remaja 16 tahun itu bertendensi ‘memamerkan’ simbol keagamaan dan mencederai aturan sekolah di Prancis yang diberlakukan sejak 2004.

Diberitakan the Independent, Senin (9/5), orangtua De Sousa ini merasa aneh dengan kebijakan rok panjang pihak sekolah. Pihak sekolah menjelaskan penggunaan rok panjang di sekolah Prancis dibolehkan bila bernilai mode, namun dilarang bila bertendensi nilai keagamaan.

Lebih jauh, kini pihak sekolah sedang memperdalam akan status Sousa sebagai mualaf, apakah dia seorang dengan paham Islam radikal atau tidak.

Sousa memilih Islam atas dasar keinginannya dengan direstui oleh keluarga. “Anak saya sangat taat akan hukum, saya menghormatinya sebagai seorang yang beragama, sampai saat ini sekolah belum mau komentar terkait masalah berpakaian yang menimpa dirinya,” komentar sang ibu, Marie Christine de Sousa kepada majalah Prancis, L’Obs.

Diketahui, aturan tentang hukum berpakaian sekolah di Prancis kerap dipatuhi Sousa. Meski menggunakan hijab saat berada di area umum, dia tetap melepasnya saat berada di dalam kelas sesuai kebijakan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *