Karyawan Kerja 1 Bulan Bisa Dapat THR

Karyawan Kerja 1 Bulan Bisa Dapat THR - majalahahok.com

Majalah Seputar Ahok – Lebaran di tahun ini akan terasa lebih spesial untuk para pekerja. Ternyata mereka yang belum lama bekerja hanya dalam satu bulan sudah bisa dapat THR. Pekan lalu, para pekerja yang bisa dapat THR harus kerja selama tiga bulan.

“Terdapat peraturan baru, Karyawan atau buruhkerja minimal sebulan sudah bisa menikmati THR yang dihitung secara proposional sesuai dengan masa kerjamya,” ujar Menteri Ketenagakerjaan, M hanif Dhakiri.

Peraturan yang baru ini harus memberikan THR Keagamaan kepada Pekerja atau Buruh yang sudah mencapai sebulan secara terus menerus dan berdasarkan Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) ataupun Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

Berdasarkan Pertimbangan Hanif Dhakiri Mengeluarkan Permenaker ini dalam 3 hal:

  1. Peran, fungsi dan resiko yang telah dimiliki oleh pekerja maupun buruh dengan masa kerja 3 bulan ataupun 1 bulan tetap sama.
  2. Pekerja maupun buruh telah sepakat kepada perusahaan walau hanya dalam masa kerja sebulan .
  3. pekerja maupun buruh yang sudah direkrut dalam menjelang Hari Raya menandakan pekerja maupun buruh tersebut begitu di perlukan oleh perusahaan, hingga perusahaan perlu menghargai dengan memberikan THR secara Proposional.

Untuk sementara itu. yang terkait dengan pembayaran THR oleh Perusahaan, munurut perturan Menteri terbaru adalah untuk perkerja atau buruh yang sudah kerja selama 12 bulan akan mendapatkan upah gaji sebulan. Untuk pengawasan dalam pelaksanaan pembayaran THR harus di awasi oleh ketenagakerjaan. selain dari situ akan diatur adanya sanksi serupa denda dan sanksi administrasi pada pengusaha dan perusahaan apabila dikatahui melanggar aturan.

“Transaksi pembayaran THR bagi pekerja atau buruh ini harus diberikan sekali dalam setiap tahun oleh perusahaan dan pembayaran sesuai dengan hari keagamaan masing-masing serta pembayaran paling lambat 7 harih sebelum hari raya.” kata Hanif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *