Lebaran Hari Raya Idul Fitri Wajib Dihidangkan Kue-Kue Kering

Lebaran Hari Raya Idul Fitri Wajib Dihidangkan Kue-Kue Kering - majalahahok.com

Majalah Seputar Ahok – Dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri Berbagai persiapan dan pernak pernik yang di hiasi untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri tersebut.

Kebanyakan kaum ibu-ibu di akhir mau menjelang Lebaran mereka pada sibuk semua di dapur untuk membuat Kue-Kue Kering yang akan dihidangkan pada HAri Raya Idul Fitri. Beberapa Kue Kering yang sering disajikan antar Lain:

1. Kue Putri Salju

Kue putri salju merupakan perpaduan antara rasa gurih dengan kacang mede di dalam adonan kue. Rasa manis gula halus mengkombinasi kue ini, sehingga kue kering ini menjadi kegemaran semua orang, baik tua maupun muda. Resep kue putri salju ini juga mudah untuk dipraktekkan.

Pada saat mencetak adonan membentuk kelereng, janganlah terlalu besar karena apabila adonan terlalu besar menyebabkan matang tidak merata. Untuk variasi, kacang mede bisa diganti dengan kacang tanah. Namun, rasa gurih di dalam kue akan terasa sedikit. Untuk gula halus, pilihlah gula halus yang berkualitas dan tidak lembab. Sebab, gula lembab mengakibatkan penampilan kue di dalam stoples tidak menarik.

2. Kue Lidah Kucing

Kue Lidah Kucing diadaptasi dari Belanda ‘kattetong’ yang berarti lidah kucing. Dari segi penampilannya yang panjang dan tipis, kue ini pantas disebut dengan istilah Lidah Kucing. Proses pembuatannya cukup mudah dan bahan-bahannya cukup mudah didapat.

Yang perlu diperhatikan adalah pada saat proses pemanggangan. Jangan gunakan oven dengan suhu yang terlalu tinggi, cukup 160 derajat saja dengan lama pemanggangan 20 menit. Jika menggunakan suhu terlalu tinggi, maka kue ini akan mudah gosong di bagian pinggirnya, dan lembek di bagian tengahnya

3. Kue Nastar

Kue ini sudah tidak asing lagi di telinga kalangan penggemar kue kering menjelang Lebaran. Kue nastar nanas sering disajikan pada saat hari raya Lebaran.

Mendekati Lebaran orang berbondong-bondong untuk membeli kue ini. Kue nastar menjadi sangat primadona saat hari raya idul fitri, karena rasanya yang manis, gurih dan renyah bercampur menjadi satu. Kue nastar biasanya berbentuk bulat dan di dalamnya terdapat selai nanas.

4. Kue Semprit

Kue kering ini berbentuk bunga dan berhiaskan sukade (irisan buah kering) di bagian tengahnya. Tampilan yang sangat menarik tersebut, siapa yang tidak akan terpukau ingin memakannya? Bahan-bahan pembuatan kue tersebut banyak menggunakan tepung terigu. Sukade dalam resep kue semprit ini sejenis manisan kering dari labu. Proses pembuatannya hanya membutuhkan waktu 1 jam.

5. Kue Kastengel

Kue ini diadaptasi dari negeri kincir angin. Kastengel sering menjadi icon di hari raya Idul Fitri. Tak lengkap rasanya apabila tidak ada setoples kue berisi Kastengel dan Nastar. Rasa kue yang asin gurih dan bertabur keju kering menjadi favorit banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *