Xinjiang: Pemerintah China Melarang Kaum Muslim Berpuasa Di bulan ramadhan

Majalah Seputaran Ahok – Bulan suci Ramadan tahun ini tampak tetap menjapada bulan yang berat bagi muslim Uighur di wilayah Xinjiang untuk berpuasa. Pasalnya, pemerintah China melanjutkan aturan larangan menjalankan ibadah harus tersebut.

Xinjiang Pemerintah China Melarang Kaum Muslim Berpuasa Di bulan ramadhan - majalahahok.com
Pemkabaran laman the Independent, Rabu (8/6), aturan ini didasari oleh pemikiran bila keimanan Islam Uighur menjadi ancaman bagi kekuasaan kepemimpinan Beijing, kata Dixlat Raxit dari Kongres Uighur Dunia.

Pemerintah China yang dikuasai Partai Komunis melarang seluruh pegawai negeri, siswa, serta guru muslim di wilayah Xinjiang berpuasa pada bulan suci Ramadan. Padahal di wilayah tersebut diketahui 58 persen merupakan populasi Muslim.

Xinjiang, Pemerintah China Melarang Kaum Muslim Berpuasa Di bulan ramadhan 3 - majalahahok.com

Notifikasi larangan tersebut terpampang jelas di situs pemerintahan di kota Korla, “selama Ramadan, penjual makanan serta minuman tak boleh tutup,” tulis notifikasi tersebut.

Rasa tak saling menghormati antar umat ini jelas mendapat kecaman dari Kelompok Hak Asasi Manusia. Mereka menyalahkan konflik wilayah antara 10 juta minoritas Muslim Uighur dengan pasukan keamanan negara pembatasan agama serta adat yang tetap berkecamuk.

Xinjiang, Pemerintah China Melarang Kaum Muslim Berpuasa Di bulan ramadhan 2 - majalahahok.com
Xinjiang dilaporkan tak jarang melancarkan serangan kepada pemerintah China serta belum lama ini Beijing menuding kelompok militan di Xinjiang menyerang sejumlah tempat untuk menuntut kemerdekaan di wilayah kaya sumber daya alam itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *